Macam-macam karya tulis


  1. Desertasi
Desertasi adalah kajian ilmiah yang diawali dengan penelitian suatu persoalan yang berdasarkan hipotesa yang memuat beberapa variable. Desertasi biasa sebagai tugas akhir mahasiswa progam doctor (S3), desertasi ditulis dengan metodologi penelitian yang mengandung filsafat keilmuan tinggi.  Karakteristik desertasi adalah:
Topic desertasi berfokus pada kajian mengenai salah satu disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa.
Desertasi ditulis atas suatutemuan baru terhadap disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam, baik pengujian teori-teori, pengembangan teori dan prinsip-prinsip baru atau pengembangan model baru yang diuji lapangan.

2. Tesis
Tesis sebuah karya berdasarkan kajian ilmiah yang diawali dengan penelitian seperti desertasi, tetapi desertasi biasa 5-7 variabel dalam hipotesanya, sedangkan teses 2-3 variabel. Tesis lebih berbobot ilmiah disbanding dengan skripsi yang biasa untuk menyelesaikan program pascasarjana (S2).

3. Skripsi
Skripsi ialah karya ilmah yang ditulis berdasar teori orang lain, dengan didukung data dan fakta empiris dan objektif, baik dilakukan penelitian langsung; observasi lapangan atau penelitian di laboratorium. Skripsi menuntut kecermatan metodologis hingga mengarah ke sumbangan material penemuan baru.

4. Buku Ajar atau Buku Teks
Buku ajar adalah tulisan yang ditulis oleh penulis dengan sistematis berdasarkan kajian materi pelajaran atau kuliah sesuai struktur program kurikulum. Sementara Direktorat Pendidikan menengah Umum (2004) menyebutkan buku ajar atau buku teks adalah sekumpulan tulisan yang dibuat secara sistematis berisi tentan sesuatu materi pelajaran tertentu, yang disiapkan pengarang (pengajar) dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku. substansi yang ada dalam buku diturunkan dari kompetensi yang harus dikuasai oleh pembaca (dalam hal ini siswa).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor. 11 tahun 2005 menjelasankan buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan, budi pekerti dan kepribadian, guna untuk menguasai IPTEK, merangsang kepekaan dan kemampuan estetis, serta meninkatkan potensi fisik dan kesehatan yang disusun berdasarkan struktur nasional pendidikan.

5. Modul
modul merupakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta belajar. Bahasa, pola dan sifat lainnya yang terdapat dalam modul seolah-olah bahasa guru yang sedang mengajar murid-muridnya, sehingga sering disebut bahan intruksional mandiri (mengajar sesuatu tanpa tatap muka).
Modul disusun berdasarkan pembahasan materi pelajaran dalam penyajiaannya dirancan dengan teknis cara mempelajarinya.

6. Diktat
Diktat adalah tulisan yang disususn oleh penulis berdasarkan pembahasan materi yang sifatnya padat dan singkat, atau ringkasan materi pelajaran. Dalam bagian lain diktat adalah unit terkecil dari materi matapelajaran dan dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yang disusun secara sistematik.

7. Makalah
Tulisan penulis yang berdasarkan argumentasi dan analisa secara logis untuk mengupas masalah umum yang ada dalam kehidupan masyarakat.

8. Artikel
Artikel merupakan karya tulis berdasarkan analisa dan argumentasi menyeluruh dalam membahas suatu masalah yang dipublikasikan secara luas melalui media masa cetak. Menurut Webster’s dictionary mengaetikan arikel adalah a literary compositon In a journal ( suatu komposisi  tulisan dalam jurnal atau penerbit atau media massa).
9. Opini
Opini adalah tulisan yang berasal dari pendapat pribadi, yang dituangkan dalam rangkaian kalimat yang mengacu pada keyakinan diri, dianggap memiliki dasar logika yang dapat dipertanggung jawabkan.

10. Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau editorial merupakan karangan yang sifatnya argumentative mengenai hal-hal yang factual dan actual (sedang terjadi atau banyak dibicarakan orang), tajuk rencana biasa dibuat redaktur media massa.

Komentar